Cara Mengatasi HP yang Terkena Air

Cara Mengatasi HP yang Terkena Air
Memasuki musim pancaroba seperti ini memang sangat tidak bisa diprediksi kapan langit cerah maupun turun hujan, mungkin hujan memberikan beberapa dampak negatif terhadap orang-orang di kota-kota besar, salah satunya adalah alat-alat elektronik seperti handphone yang terkena air hujan, karena bisa merusak komponen-komponen listrik didalamnya.

Selain terkena air hujan, biasanya handphone atau hp kita juga seringkali tidak sengaja tercebur ke air, maupun kelupaan mengeluarkanya dari saku celana sehingga ikut tercuci. Tentu kerusakaan hp akibat terkena air tidak bisa dibilang sepele, karena jika kita tak segera tanggap mengantisipasinya maka air akan cepat menjalar ke seluruh bagian handphone dan merusak jaringan-jaringan didalamnya.

Namun sebelum kita masuk ke cara mengatasinya, tuliskan.com juga punya nih beberapa tips untuk mencegahnya, letakkanlah handphone pada tempatnya dan jangan taruh di sembarang tempat, dan khususnya bagi anda para pekerja yang seringkali menggunakan moda transportasi umum saya sarankan untuk membungkus hp anda dengan plastik es, lalu diikat diujungnya, agar lebih aman dari air hujan.

Nah, jika suatu saat nanti hal-hal yang tidak diinginkan terjadi (HP terkena air), dibawah ini adalah beberapa langkah antisipasi yang dapat anda lakukan agar hp anda tidak rusak total atau menyebar kerusakanya keseluruh komponen:

  1. Segera lepas baterai hp
  2. Jangan lupa untuk melepas komponen lainya seperti memory dan sim card
  3. Lepas casing hp (usahakan keseluruhan, jadi tinggal internal hp saja)
  4. Jika basah, keringkan dulu dengan tissue
  5. Keringkan bagian-bagian penting hp (bagian belakang) dengan menggunakan hair dryer, namun jangan terlalu dekat, karena panas dari hair dryer bisa saja merusak komponen-komponen. Jika anda tidak punya hair dryer anda dapat menggunakan beras kering, atau gampangnya masukan saja hp tersebut ke dalam karung beras, karena beras memiliki sifat penyerap air
  6. Jangan mengeringkan hp dengan cara dijemur dibawah panas sinar matahari, dikarnakan itu dapat merusak komponen hp
  7. Jika sudah kering, cas batrei sampai penuh menggunakan cas desktop. Perlu diingat agar jangan terburu-buru memasang batrei ke handphone kembali dan menghidupkanya, kalau bisa biarkan semalaman dulu agar semua komponen kering
  8. Jika sudah terlihat kering semua komponenya, baru anda bisa memasang batrei dan casingnya kembali, lalu hidupkan handphonenya

Bagaimana? mudah sekali bukan. Namun perlu diingat kembali, pastikanlah seluruh komponen handphone anda sudah dalam keadaan kering dan tidak lembab pada saat dihidupkan kembali.

Demikian informasi terbaru tentang Cara Mengatasi HP yang Terkena Air, simak juga artikel menarik lainya seputar tips dan trik tentang 3 Tips Seputar Membeli Alat/Barang Elektronik, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Postingan terkait: