5 Tips Dalam Membuat Slide Untuk Presentasi

3 Tips Dalam Membuat Slide Untuk Presentasi
Dalam sebuah presentasi, slide adalah salah satu faktor terpenting yang mendukung kesuksesan presentasi tersebut, pasalnya tanpa ditunjang oleh slide yang menarik perhatian dan tidak membosankan, rasanya sebuah presentasi akan terkesan tidak terlalu berkesan.

Tentu dalam mempersiapkan suatu presentasi, kita juga harus terlebih dahulu menyiapkan sebuah slide sebagai pengiringnya, karena slide tersebut akan membantu mengisi latar belakang kita saat presentasi, serta membantu kita untuk menampilkan alur cerita dari apa yang ingin kita presentasikan.

Nah, untuk membuat slide yang baik untuk presentasi, tentunya ada beberapa macam faktor yang perlu diperhatikan, pastinya agar slide tersebut lebih berkualitas dan lebih menarik, agar para pengunjung pun merasa terhibur oleh presentasi anda.

Apa sajakah faktor-faktor yang mendukung dalam pembuatan slide presentasi tersebut? mari kita simak yang berikut ini.

1. Kurangi Tulisan, Perbanyak Gambar

Seperti teknik presentasi mendiang steve jobs yang saya kupas sebelumnya, beliau selalu mengutamakan gambar dibandingkan dengan teks, karena menurutnya gambar akan lebih menarik perhatian orang dan membuat mereka tidak bosan dengan slidenya.

Pasalnya sebuah slide yang hanya diisi dengan teks-teks hanya akan membuat penonton bosan, lalu membaca teks yang ada di slide saja, tanpa mendengarkan dan menghiraukan apa yang sedang kita presentasikan.

2. Ringkas isi kedalam poin-poin penting

Yang dimaksudkan pada poin kedua ini adalah, kita bisa membuat isi slide yang ditampilkan secara poin per poin agar para pengunjung dapat lebih mudah mencernanya dan memahaminya, tentu akan sangat berbeda dengan slide yang isinya teks-teks paragraf panjang.

Jadi usahakan sebisa mungkin ringkaslah isi dari slide per slide menggunakan poin, nah dari situlah anda bisa menjelaskanya satu per satu, hal ini bertujuan agar penonton lebih memahaminya, serta tidak terlalu pusing ketika membacanya.

3. Buatlah slide se-simple mungkin

Mengacu pada poin satu dan dua, kita harus membuat slide kita seminimalis dan sesimple mungkin agar tidak membuat bingung dan bosan para penonton, karena pasalnya slide yang terlalu banyak isinya akan membuat para penonton bingung, jadi usahakanlah untuk meringkas slide tersebut dengan isi-isi yang penting saja, bahkan jika perlu kurangi dekorasi-dekorasi yang bersifat "kurang penting".

4. Buatlah slide interaktif dan menarik pembaca

Dalam konteks ini, buatlah slide yang dapat menarik perhatian dan memancing penonton untuk melihatnya, karena dengan slide yang interaktif dan atraktif, nantinya diharapkan para penonton akan lebih terdorong dan menyimak jalan atau alur cerita presentasinya. Selain itu, kalau bisa buatlah layout atau tampilan yang berbeda di tiap slidenya, agar para pengunjung merasa penasaran dan ingin terus mengikutinya.

5. Gunakan kombinasi warna yang matching dan enak dilihat

Pada saat membuat slide, tentu ada latar belakang dan tulisan yang menjadi bagian dari slide itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus membuat latar belakang dan teks kita dengan warna yang matching atau cocok agar enak dilihat, dan usahakanlah untuk menggunakan warna-warna gelap nan minimalis, agar mata tidak terlalu sakit saat melihatnya berlama-lama.

Demikian beberapa tips-tips dalam membuat slide untuk presentasi, semoga bermanfaat, dan selamat mempraktekkannya.

sumber gambar: www.euroresidentes.com

Postingan terkait: