Cara Membuat Recent Post Berdasarkan Label

Cara Membuat Recent Post Berdasarkan Label












Cara Membuat Recent Post Berdasarkan Label - Recent Post atau yang dalam bahasa Indonesianya Artikel Terbaru adalah salah satu widget yang kian banyak digandrungi oleh para blogger, dengan widget ini pengunjung akan lebih mudah untuk mengetahui seputar update-update perkembangan terbaru dari blog anda, dan juga pengunjung 'lebih' dimudahkan untuk mencari artikel yang mereka cari. Namun, kebanyakan blogger membuat widget Recent Post ini hanya sekedar untuk menampilkan postingan-postingan terbaru saja, dan setelah saya fikirkan, kenapa kita tidak membuat widget artikel terbaru yang menampilkan beberapa artikel dari topik yang sama saja? jadi pengunjung akan lebih mudah untuk mencari apa yang mereka inginkan. Selain itu, pengelompokkan artikel terbaru sesuai topik juga membuat blog lebih berpenampilan 'rapi'.

Dengan widget ini, nantinya artikel-artikel terbaru yang muncul akan ditampilkan berkelompok dengan artikel lainya yang memiliki label dan topik sama, selain memudahkan pengunjung dalam mencari artikel yang mereka sukai, widget ini juga dapat memudahkan robot-robot mesin pencari untuk menemukan artikel terbaru di blog kita sesuai dengan kategori topiknya, jadi widget ini bisa memperkuat posisi pada kategori yang sebenarnya kita bidik, misalnya kita membuat widget artikel terbaru dengan label 'Tutorial Blog', dan memang sebenarnya tujuan blog kita adalah keyword tersebut, maka 'mungkin' artikel terbaru tentang tutorial blog yang ditampilkan widget ini akan membuat Google semakin paham dan peka apa tujuan dan topik blog kita yang sebenarnya.

Nantinya widget ini bisa di modifikasi sesuai dengan kehendak dan minat anda, mulai dari backgroundnya, tinggi widget, artikel yang ingin ditampilkan, jenis tulisan, besar tulisan, dan juga widget ini secara otomatis akan menyesuaikan lebar widget dengan lebar sidebar pada blog anda, karena pada kode width-nya sudah saya isi dengan auto yang artinya suiteable dengan lebar sidebar. Well, inilah cara membuat artikel terbaru berdasarkan kategori atau label, bagi anda yang berminat, silahkan disimak yang berikut ini.

1. Login ke Blogger.

2. Pilih Tata Letak.

3. Pilih Add Gadget.

4. Pilih HTML/JavaScript.

5. Letakkan kode di bawah ini ke dalam box 'konten'.

<div style="overflow:auto; width:auto; height:250px; padding:5px;border:0px solid #000000; font-family:arial; font-size:15px; font-color:#0000FF;">
<script style="text/javascript">
var numposts = 10;
var standardstyling = true;
</script>
<script type='text/javascript' src='https://farhanshare-blogspot-com.googlecode.com/files/postlabel%281%29.js'></script>
<script src="http://farhanshare.blogspot.com/feeds/posts/default/-/Tutorial%20Blog?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts&max-results=999"></script>
</div>

Keterangan:
  • Ganti kode yang berwarna biru dengan tinggi widget yang diinginkan.
  • Ganti kode yang berwarna merah dengan jumlah artikel yang ingin ditampilkan.
  • Ganti kode yang berwarna hijau dengan URL blog anda.
  • Ganti kode yang berwarna oranye dengan label dari artikel terbaru yang ingin ditampilkan.
Tambahan: Jika anda mempunyai label yang terdiri dari 2 kata atau lebih, misalnya 'Tips Seo', maka jangan lupa untuk menambahkan kode '%20' di antara 'Tips' dan 'Seo', jadi nanti hasilnya seperti ini 'Tips%20Seo".

6. Klik 'save', dan selesai.

Bagaimana? mudah bukan untuk membuat widget recent post atau artikel terbaru yang ditampilkan berdasarkan kategori atau label. Demikian tutorial blog tentang cara membuat recent post berdasarkan label, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Postingan terkait: