Cara Mempercepat dan Meringankan Loading Blog

Cara Mempercepat dan Meringankan Loading Blog
Blog Yang berbobot ringan atau yang sering kita sebut dengan Easy Loading mungkin merupakan hal yang didamba-dambakan seluruh blogger, akan tetapi untuk memaksimalkan faktor tersebut tentunya harus ada beberapa optimasi yang kita lakukan guna memperkecil loading blog, selain dengan mengkompress css dan memperbaiki broken link (tautan rusak), kita juga dapat menggunakan cara yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini, yaitu dengan menyembunyikan JavaScript Widget Blogger. Cara Ini bertujuan agar browser tidak bisa mengenali kode JavaScript dari widget-widget yang kita pasang di blog kita, karena pada hakikatnya semakin banyak jumlah JavaScript yang dipasang maka semakin lama pula untuk me-loading kapasitas blog secara keseluruhan.

Dengan kita melakukan cara ini bukan berarti tidak ada sama sekali dampak yang dapat ditimbulkanya, dari penelusuran yang saya lakukan dari blog ke blog akhirnya saya menemukan jawaban dari pertanyaan ini pada blog salah seorang kerabat saya, yaitu Maskolis.

Setelah saya cermati kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, akhirnya saya menyimpulkan bahwa terkadang jika kita menggunakan JavaScript yang ukuranya agak "besar" maka efek yang biasanya ditampilkan oleh kinerja JavaScript tersebut akan hilang karena penggunaan cara ini, pasalnya seperti yang sudah saya tegaskan tadi diatas bahwasanya cara ini akan membuat browser tidak dapat mengenali beberapa JavaScript, akan tetapi saya sendiri menggunakan cara ini dan selama ini baik-baik saja, dari sisi lain juga sebenarnya tidak baik menyimpan banyak JavaScript dalam satu blog.

Jika anda lihat pada source page halaman HTML blog saya ini pasti anda akan menemukan beberapa kode berwarna hijau pada deretan bawah mendekati kode default <body>, itulah yang nantinya akan ditimbulkan dari cara ini, jadi link JavaScript anda akan ditampilkan sebagai tulisan CSS biasa dan tidak menggunakan link hidup menuju file JavaSctip (.js). Untuk melakukan cara ini sebenarnya sangat mudah sekali, anda masuk ke Edit HTML, cari kode </body> (gunakan CTRL+F), lalu ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini.

&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Terakhir, Simpan Template anda dan lihat hasilnya, jika ada beberapa widget yang biasanya dapat berjalan namun sekarang tidak berjalan, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh penyembunyian JavaScript yang tadi kita lakukan, maka dari itu saya menekankan sekali lagi bahwa hapus saja JavaScript dari widget yang tidak bisa muncul tersebut, karena biasanya yang tidak bisa muncul adalah widget dengan ukuran JavaScript yang besar, atau jika anda tetap ingin mempertahankan widget tersebut, anda juga dapat menggantinya kemabali dengan kode </body>, semua keputusan ada ditangan anda, sesuaikan dengan kebutuhan dan minat anda.

Demikian Informasi seputar tutorial blog tentang cara mempercepat dan meringankan loading blog, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Start is The First Step to Reach The Success...

Postingan terkait: