5 Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

5 Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum
Sebagai seorang makhluk sosial, tentunya kita harus terus menjalin silaturahmi dan bersosialisasi dengan masyarakat, karena dengan hubungan inilah kita bisa mempererat tali persaudaraan sekaligus membuat koneksi antara satu sama lain.

Ketika kita ingin bersosialisasi, tentunya kita diharuskan untuk berinteraksi satu sama lain secara tatap muka, karena itulah satu-satunya jalan untuk berkomunikasi secara lisan.

Nah, akan tetapi jika dikeramaian, tidak sedikit dari kita yang memiliki rasa gugup ataupun takut untuk berkomunikasi kepada khalayak, kita biasanya nervous atau tidak biasa berada didepan orang banyak.

Tentunya hal ini sangat wajar dan manusiawi sekali, hanya saja kita patut untuk melatihnya dan membiasakannya, agar kita menjadi terbiasa dan ahli, karena keahlian berawal dari sebuah kebiasaan. Untuk itu, inilah beberapa cara untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum.

1. Tenangkan Diri

Sebelum anda naik ke atas panggung atau berbicara di depan umum, tenangkanlah diri anda dan hadirkanlah suasana nyaman, kondisikanlah bahwa ini akan baik-baik saja dan tidak akan terjadi apa-apa, karena sugesti tersebut akan membuat otak dan lisan kita sinkron ketika berbicara didepan umum.

2. Persiapkan dan Kuasai Materi

Apabila anda diminta berbicara atau presentasi di depan umum untuk membawakan topik tertentu, jauh sebelum itu usahakanlah untuk mempersiapkan dan menguasai materi terlebih dahulu, buatlah beberapa list atau poin tentang apa yang akan anda bicarakan, nah dari poin-poin itulah anda bisa menjabarkannya satu per satu, agar lebih mudah dan juga mencegah anda lupa dengan materiya.

3. Lawan Rasa Takut

Dalam konteks ini, anda harus berani untuk melawan rasa takut anda, sugestikanlah bahwa semua ini hanya kehidupan biasa seperti yang setiap hari kita lakukan, dan tidak akan terjadi apa-apa jika kita melakukan kesalahan kecil. 

Ingat, para penonton yang menyimak kita ketika kita berbicara adalah seorang manusia juga, jadi kenapa kita harus takut berbicara didepan mereka, tentu mereka akan memiliki toleransi juga kalau kita melakukan sedikit kesalahan, itu adalah hal yang sangat sangat wajar.

4. Kontak Mata dengan Penonton

Ketika anda berbicara didepan umum, biasanya orang yang takut dan malu-malu akan menatap kelangit-langit dan menghindari tatap mata, ini adalah hal yang salah, anda harus mencoba melakukan interaksi dengan para penonton dengan melakukan kontak mata dan jadikan pembicaraan tersebut se rileks mungkin, jadi anda juga tidak tegang ketika berbicara.

5. Biasakan Berbicara di Depan Umum

Jika anda ingin menjadi seorang pembicara yang bisa berpresentasi dengan baik dan handal, tentu anda harus membiasakan hal tersebut, karena sebuah keahlian bersumber dari sebuah kebiasaan.

Jadi ketika anda mendapatkan kesempatan untuk berbicara didepan umum, jangan tolak kesempatan tersebut, karena itulah salah satu tempat untuk mengasah keahlian anda dalam berbicara.

Bahkan lebih sering akan lebih baik lagi, karena anda akan menjadi sangat terbiasa dan bahkan sangat sangat terbiasa, dan menyadari berbicara di depan umum bukanlah seperti serumit yang dibayangkan sebelumnya.

Demikian informasi seputar dunia profesi tentang bagaimana cara mengatasi rasa takut berbicara di depan umum, semoga bermanfaat, dan selamat mencobannya.

sumber gambar: www.bloomberg.com

Postingan terkait: