Cara Mematikan/Restart "Paksa" Smartphone Unibody

Cara Mematikan/Restart "Paksa" Smartphone Unibody
Seperti yang kita ketahui, smartphone unibody merupakan handphone yang memang sudah didesain tidak bisa dibongkar atau tidak bisa dibuka-buka "jeroan" yang ada didalamnya, termasuk battery dan komponen penting lainnya.

Tentu para vendor sudah mempertimbangkan hal ini secara matang-matang, mereka tak mungkin tidak mempersiapkan langkah-langkah untuk mengatasi sebuah hp yang terkena "kecelakaan".

Contohnya saja smartphone yang saya miliki, Sony Xperia M2, salah satu keluaran device dari sony pada pertengahan 2014 silam, handphone ini mengusung tipe unibody sama seperti model-model Sony Xperia lainnya, yang mana komponen dalamnya tidak bisa dilepas dengan mudah.

Pada suatu hari hp saya tersebut mengalami hang atau gangguan total pada sistem, dalam artian tidak bergerak sama sekali dalam beberapa waktu dan tidak memberian respon apapun.

Lantas, saya pun berusaha mencari solusinya dengan googling kesana kemari mencari solusinya, ternyata tak sedikit pemilik dari Xperia M2 ini yang juga mengalami dan sudah menemukan jalan keluarnya.

Sebetulnya cara mematikan atau merestart smartphone unibody secara paksa ini tergolong cukup mudah, mungkin kita saja sebagai pengguna "awam" yang tak terlalu mengerti seluk beluk dari handphone yang kita miliki.

Pada dasarnya, ada dua cara untuk mematikan handphone unibody, berikut adalah kedua cara yang dapat anda gunakan:

1. Tekan tombol power + volume atas 

Cara Mematikan/Restart "Paksa" Smartphone UnibodyCara yang pertama kali saya gunakan pada waktu itu adalah yang satu ini, hanya dengan menekan beberapa tombol "hidup" yang sudah disediakan, handphone saya dapat di restart dengan mudah

2. Tekan lubang kuning disebelah sim card 

Cara Mematikan/Restart "Paksa" Smartphone UnibodySebagai vendor terkemuka, tentu sony selaku pembuat Xperia telah menyiapkan tindakan antisipasi matang-matang apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada devicenya. 

Salah satunya adalah dengan menyematkan lubang kuning yang bertuliskan "off", ini artinya dengan menekan tombol ini anda sudah bisa merestart hp secara "paksa" , akan tetapi anda harus menggunakan benda lancip seperti jarum, karena memang diameter lubangnya yang cukup kecil.

Berikutlah kedua cara untuk mematikan smartphone unibody secara "paksa" apabila terjadi error, lag, atau hal-hal semacamnya. 

Apabila anda memiliki handphone yang tidak mendukung kedua cara diatas untuk mematikannya, maka anda bisa menghubungi contact service dari masing-masing vendor maupun googling lalu cari di situs atau yang sesuai dengan handphone anda.

Postingan terkait: