5 Bisnis / Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

5 Bisnis / Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan
Bisnis atau usaha dengan modal kecil yang juga kita kenal sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan jenis bisnis baru yang banyak diminati masyarakat Indonesia, selain pengelolaanya yang tergolong lebih mudah, modal yang perlu kita keluarkan untuk membuat usaha ini pun relatif ramah dikantong.

Usaha kecil menengah ini juga turut mendorong merangkaknya perekonomian di Indonesia sekarang ini, bahkan menurut beberapa data UKM ini juga berperan besar dalam pemasukan negara.

Selain itu, usaha kecil menengah ini juga berfungsi dan ikut serta untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, jadi banyak sekali manfaat positif dari UKM ini, selain dapat membuat usaha dan bisa memiliki pedapatan pribadi, kita juga dapat membantu menyejahterakan masyarakat dari segi ekonomi.

Usaha kecil menengah menawarkan banyak sekali peluang diberbagai bidang, akan tetapi tentunya kita akan lebih memilih usaha atau bisnis yang pertumbuhannya pesat di Indonesia, berikut inilah beberapa diantaranya:

1. Usaha Kuliner

Ada pepatah yang mengatakan bahwa apabila kita ingin sukses berbisnis, maka pilihlah bisnis yang sesuai dengan passion dan hobi kita, karena tentunya hal itu akan membuat kita lebih semangat dan menjalankan bisnis tersebut dengan sepenuh hati.

Lantas, siapa yang tak suka dengan kuliner lezat? tentu hampir semua orang menyukai kuliner, apalagi makan dan minum merupakan kebutuhan pokok seluruh umat manusia, jadi dapat disimpulkan bahwasanya ini menjadi bisnis kecil menengah yang sangat menjanjikan.

Usaha kuliner ini juga tidak bergantung pada waktu atau musiman, selama kuliner tersebut memiliki kualitas terjaga dan pelanggan, maka usaha tersebut akan terus bisa berjalan.

Masalah atau problem dari usaha ini adalah banyaknya pesaing yang bisa berdampak pada omset penjualan kita nantinya, tentu kita harus menyiapkan antisipasi untuk hal ini.

Jadi sebaiknya sebelum memulai usaha, ada baiknya kita memperhatikan kualitas dari kuliner yang akan kita buat, apakah kualitasnya lebih bagus dari para kompetitor ataupun memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kuliner yang lainnya.

2. Usaha Fashion / Busana

Selain kuliner, usaha fashion atau busana juga merupakan salah satu UKM yang paling konsisten, pasalnya usaha ini bukanlah merupakan usaha musiman atau yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu, melainkan sebagai kebutuhan sehari-hari masyarakat, yakni papan, sandang, dan pangan.

Seperti usaha kuliner, tentu usaha fashion atau busana juga memiliki kompetitor yang cukup banyak, kini para pemula bisnis kecil menengah banyak sekali merambah kebidang busana ini, yang dianggapnya cukup menjanjikan dan memiliki resiko yang sangat kecil dibanding usaha lainnya.

Untuk menjadi yang terbaik dibidangnya tentu kita perlu memikirkan hal yang membuat usaha busana kita lebih baik dibanding orang lain, apa sajakah itu? banyak sekali hal yang mendasarinya, mulai dari kualitas busana, desain busana yang berkualitas, bahan busana, kekuatan pemasaran, branding, harga yang kompetitif, dan beragam hal lainnya.

3. Usaha Pertanian / Agrobisnis

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti kata orang dulu "tanahku tanah surga" yang melambangkan negara ini kaya akan sumber daya alam dan hasil-hasil buminya.

Dari hal tersebutlah kita bisa melihat prospek dan peluang yang cerah di bisnis ini. Karena usaha pertanian atau agrobisnis juga merupakan kebutuhan masyarakat sehari-hari, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, seiring dengan meningkatnya pasar akan kedua hal tersebut.

Apalagi tanah Indonesia terkenal cukup subur untuk ditumbuhi berbagai tanaman penghasil sayuran dan buah, jadi anda bisa memanfaatkan kekayaan alam ini sebagai pondasi anda berusaha nantinya.

Lantas apa yang harus kita lakukan agar bisnis kita dibidang agrobisnis unggul? kuncinya adalah lakukan hal-hal yang belum atau jarang dilakukan orang lain, seperti misalnya sayur-sayuran organik, tanpa peptisida, berkualitas bagus namun ramah kantong, kemasan yang menarik, dan sebagainya.

4. Usaha Kerajinan Tangan

Bidang usaha yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang sangat ramah modal, karena dengan barang-barang bekas yang tak terpakai saja kita sudah bisa menciptakan sebuah barang yang bernilai.

Akan tetapi, untuk memulai bisnis ini, tentunya anda harus memperhatikan segala faktor untuk menunjang usaha anda nantinya, mulai dari apa yang ingin anda buat, kemana anda ingin menjualnya, apa bahan dasarnya dan darimana mendapatkannya, hingga bagaimana cara membuatnya.

Kerajinan tangan ini dapat berbentuk apa saja, seperti tas rajut, dompet, bingkai, dan lain sebagainya. Usaha ini terbilang cukup menjanjikan dan konsisten mengingat semakin banyaknya pencinta barang kerajinan di Indonesia, apalagi dikota-kota pariwisata yang memiliki banyak wisatawan.

5. Usaha Perternakan 

Jika anda mendengar usaha perternakan pasti identik dengan modal yang besar dan pengelolaanya yang sangat sulit, bukan? mungkin yang tersirat dibenak anda adalah perternakan seperti kambing, sapi, atau bahkan kerbau.

Tenang saja, kita tak akan membahas mengenai hewan-hewan tersebut, tapi disini kita membahas bintang-binatang yang mudah untuk dikelola dan diternakkan, dengan modal kecil namun kita sudah bisa memulai usaha perternakan yang menjanjikan sekaligus memiliki prospek cerah di masa mendatang.

Contohnya adalah budidaya cacing, tentu anda akan merasa geli dan aneh ketika mendengar binatang yang satu ini, tapi siapa sangka banyak sekali UKM yang berhasil sukses menggeluti usaha ini, cacing memiliki keunggulan dibanding budidaya hewan lainnya.

Pertama, cacing sangat mudah sekali untuk dirawat, pakannya pun sangat terjangkau, hanya sayur-sayuran yang sudah tak terpakai, kedua, tempat tinggalnya pun fleksible, anda bisa menaruhnya di wadah, kardus yang diberi alas, dan lain sebagainya.

Terakhir adalah prospek cacing yang sangat menjanjikan dimasa mendatang, karena buktinya cacing ini dipakai sebagai bahan baku dari produk kosmetik hingga pakan ikan, jadi bisa kita simpulkan bahwa usaha ternak cacing ini adalah salah satu yang cukup menjanjikan.

Demikian beberapa contoh bisnis UKM atau usaha kecil menengah yang menjanjikan, semoga bermanfaat.

Postingan terkait: