5 Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif Ala Steve Jobs

5 Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif Ala Steve JobsPresentasi bukanlah sebuah hal yang asing lagi bagi dunia pendidikan dan dunia pekerjaan, pasalnya sekarang ini kita dituntut untuk bisa mempresentasikan sesuatu dengan baik, karena dengan presentasi itulah kita dapat memperkenalkan karya-karya kita kepada dunia.

Apa daya sebuah skema dan rancangan proyek yang bagus tanpa adanya presentasi yang bagus, orang-orang akan tentu kurang tertarik kepada kita, walaupun kita memiliki skema rancangan yang bagus, namun tidak memiliki kemampuan presentasi yang baik.

Banyak sekali keuntungan yang dapat kita ambil jika kita mahir berpresentasi, ambil saja kantor sebagai contohnya. Pastinya, setiap harinya kita akan mendapatkan giliran untuk mempresentasikan hasil kerja atau report kita, nah dengan teknik presentasi yang bagus akan menambah ketertarikan atasan terhadap anda dalam konteks kerja.

Untuk menghasilkan sebuah presentasi yang bagus, tentu ada persiapan matang yang sudah harus kita rencanakan sebelumnya, usahakanlah untuk menguasai seluruh materi yang ada didalam slide, bahkan hingga detail-detailnya, karena itu akan berpengaruh pada saat kita berpresentasi nantinya.

Oleh karena itu, apa saja sih tips-tips presentasi yang baik dan efektif dari para pesohor dunia seperti Steve Jobs, mari kita simak trik-trik mendiang Jobs dalam berpresentasi secara efisien:

Tunjukkan antusias terhadap projek yang anda kerjakan

5 Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif Ala Steve Jobs

Ekspresi dan lekuk tubuh pada saat presentasi tentunya sangat penting, mengingat dua hal tersebut dapat mempengaruhi faktor psikis para audience. Jadi, pada waktu tiba saat presentasi, usahakanlah untuk semangat dan tunjukkan antusiasme terhadap projek yang sedang anda presentasikan, tunjukkanlah bahwa anda sangat serius dan tertarik sekali dengan projek yang ada buat ini.

Jangan pernah terlihat lesu atau tidak bersemangat, karena kecenderungan hal itu akan membuat para audience menjadi tidak tertarik dan terbawa rasa kantuk juga saat melihat presentasi.

Buatlah slide yang sederhana dan utamakan visual

5 Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif Ala Steve Jobs

Ketika presentasinya, Steve Jobs lebih memprioritaskan untuk menampilkan gambar-gambar visual dari produknya ketimbang keterangan atau info-info dari produknya, karena ia berpendapat bahwa visual bersifat lebih menarik, atraktif, dan tidak membuat para audience merasa jenuh. Jadi usahakanlah untuk memperbanyak gambar visual dan kurangi penggunaan kata-kata yang tidak penting, karena kata-kata tersebut yang seharusnya anda jelaskan melalui "omongan" kepada audince bukannya ada di dalam slide.

Separasikan slide anda kedalam 3 bagian (rule of three)

5 Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif Ala Steve Jobs

Ketika anda menjelaskan slide anda, anda bisa menggunakan teknik ala steve jobs, yakni rule of three atau yang terdiri dari pembukaan, inti, dan kesimpulan. Jadi, para audince bisa mencerna dan menyerap segala sesuatunya dengan jelas dan terperinci, dan mereka pun akan lebih mengerti apa yang kita ingin jelaskan.

Berikan objek komparasi yang relevan
5 Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif Ala Steve Jobs
Ketika anda mengkomparasi atau membandingkan produk anda dengan yang lain, tentu yang perlu anda ketahui adalah, jangan sekali-sekali menggunakan contoh objek yang berbeda dari produk kita, usahakanlah menggunakan produk kita sendiri. Contohnya Apple dengan aplikasi pages, number, dan keynote, maka dikomparasikan dengan Microsoft Office yang memang relevan dan sejenis, jangan misalnya produk kita apple tapi gambar di slidenya sapi, lalu dikomparasikan dengan kerbau atau binatang sejenisnya.

Sering latihan dan kuasai slide

5 Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif Ala Steve JobsSeperti yang kita ketahui, sering latihan akan membuat kita makin terasah dan terbiasa ketika melakukan presentasi yang sungguhan nantinya, karena kita akan menjadi hafal semua materi dan seluk-beluk slide yang kita presentasikan. Sangat penting sekali untuk menguasai keseluruhan isi slide, karena selain kita tidak akan kebingunan dan bisa menjelaskan slide secara maksimal, kita juga akan dimudahkan ketika ada sesi tanya jawab. Jadi kita sudah memahami betul apa saja yang terkandung didalam slide tersebut, bahkan kita tidak lagi membutuhkan PowerPoint untuk berpresentasi! seperti yang dituturkan Steve Jobs di bukunya.

Demikian informasi tentang 5 tips presentasi yang baik dan efisien ala mendiang Steve Jobs, pendiri Apple Inc, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Postingan terkait: