4 Layanan Gratis Untuk Membuat Toko Online

4 Layanan Gratis Untuk Membuat Toko Online
Layanan atau sarana yang tersedia di internet adalah pondasi utama yang harus kita persiapkan untuk membangun serta memulai usaha atau bisnis di internet, karena untuk memasarkan produk-produk yang kita jual di internet tentunya harus ada tempat untuk mempertemukannya dengan pembeli.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini banyak sekali platform yang bisa kita gunakan untuk berjualan atau bisnis online, ada yang bentuknya simple, menengah, hingga yang detail dan memerlukan perhatian khusus untuk pembuatannya.

Selain itu, pembuatan dari toko online sendiri biasanya dipengaruhi oleh besar kecilnya penjual itu sendiri, apabila bila masih pribadi, ia bisa menggunakan layanan yang berbasis sosial media, akan tetapi, jika sudah mencapai level perusahaan, mungkin bisa menggunakan blog atau website professional untuk lebih detailnya.

Tentu membuat toko online tidak bisa sembarangan, karena sekarang ini sudah banyak sekali bertebaran toko online diluar sana, oleh karena itu kita harus mempersiapkan toko online kita semenarik mungkin agar terlihat "beda" dari yang lain.

Untuk memilih layanan atau sarana yang akan anda gunakan nantinya, anda juga bisa meninjau dari sektor pasar, apabila pasar yang anda targetkan adalah remaja, maka anda bisa menggunakan sarana seperti forum-forum dan sosial media, dan lain halnya apabila anda menargetkan orang dewasa, anda bisa menggunakan professional website dan marketplace.

Sosial Media

Di zaman yang serba canggih ini siapa yang tak kenal dengan teknologi? Ya, bahkan kini hampir seluruh daerah di indonesia sudah dapat dijangkau internet, dan hampir dari semua pengguna internet memiliki akun di sosial media.

Tentunya ini menjadi keuntungan sendiri jika kita ingin berjualan dari sosial media, karena pasarnya yang cukup luas dan tak sulit untuk membuatnya.

Sosial media yang tren untuk berjualan belakangan ini adalah Instagram, karena disana anda lebih mengedepankan "gambar produk", baru yang kedua deskripsinya, jadi pengunjung akan lebih tertarik dengan jualan anda. Akan tetapi, anda juga bisa menggunakan Fan Page Facebook dan akun Twitter sebagai alternatifnya, tak terkecuali Google+.

Blog / Website

Blog atau website merupakan sebuah sarana yang dapat anda gunakan untuk berjualan, ambil saja contohnya blogspot dan wordpress yang menyediakan layanan gratis, disana anda bisa membuat website untuk toko online dan mengkustomisasinya sesuai dengan keinginan anda. Kesan dari web dan blog sendiri adalah lebih "professional", karena artinya toko online kita sudah memiliki "landing page" pribadi.

Forum

Di Forum, anda dapat memanfaatkan menu "berjual beli" yang ada disana, jadi anda bisa menjual barang-barang anda, baik baru maupun bekas, selain itu forum juga memiliki pangsa pasar yang cukup luas, terlebih bagi forum-forum yang familiar dan cukup dikenal publik, seperti kaskus, detikforum, dan kompasiana.

Marketplace 

Marketplace atau yang artinya "Tempat berjualan" adalah sebuah sarana yang dapat anda gunakan untuk menjual dan membeli sebuah barang atau jasa, jadi sebagai penjual kita bisa mengiklankan produk kita disana.

Nantinya, kita akan membentuk sebuah toko atau akun sebagai landing page dari toko online kita, yang berisikan produk-produk yang kita jual, kelebiha dari marketplace sendiri adalah minimnya ongkos pembuatan, cepat dikenal masyarakat, dan prosesnya juga lebih mudah.

Marketplace di Indonesia yang dapat anda gunakan antara lain adalah Tokobagus (olx.co.id), berniaga.com, bukalapak.com. dan tokopedia.com.


Demikian informasi terbaru mengenai 4 layanan atau sarana gratis yang dapat anda gunakan untuk membangun toko online, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Postingan terkait: