5 Cara Meningkatkan Produktivitas Dalam Kerja

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Dalam Kerja Produktivitas dalam pekerjaan merupakan hal yang terpenting bagi seorang pekerja, karena produkvitas akan membantu kita untuk lebih cepat menyelesaikan segala urusan dan mengerjakan pekerjaan sehari-hari kita.

Akan tetapi, terkadang ada 1 juta alasan bagi kita untuk mengabaikan pekerjaan yang harusnya kita lakukan, biasanya berupa gangguan-gangguan dari "luar" maupun "dalam", seperti gangguan untuk bermain gadget, bertemu dengan orang, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jika kita ingin meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja, tentunya harus ada beberapa pengorbanan yang patut untuk kita lakukan, seperti misalnya mengurangi kegiatan-kegiatan dan hal yang tidak berkepentingan.

Karena, pada hakikatnya hal-hal yang tidak "diprioritaskan" itulah yang biasanya menggangu kita dalam bekerja, kita akan selalu terfokus pada hal lainya ketika bekerja dan beraktivitas, oleh karena itulah sangat penting sekali untuk melupakan hal-hal dan permasalahan kita untuk dapat fokus pada suatu pekerjaan.

Jika problem atau permasalahan anda dalam bekerja adalah tingkat produktivitas, maka mungkin anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan tingkat produktivitas anda dalam bekerja.

1. Ciptakan perasaan dan suasana yang nyaman

Kenyamanan dalam bekerja adalah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produktivitas kita, pasalnya dengan suasana yang nyaman, kita tentu akan lebih tenang dan bisa terfokus untuk mengerjakan segala pekerjaan kita.

Jadi, perhatikanlah tempat-tempat atau suasana yang dapat membuat anda nyaman, misalnya di cafe atau tempat-tempat yang tenang. Namun, apabila anda diharuskan untuk bekerja dikantor, Buatlah suasana ruangan kantor anda menarik dan nyaman untuk bekerja, agar anda juga lebih rileks ketika mengerjakan tugas-tugas.

2. Fokuskan diri pada hal yang diprioritaskan

Sebagai seorang yang memiliki banyak pekerjaan untuk dilakukan, maka sudah sepatutnya anda memiliki takaran prioritas pada setiap pekerjaan anda. Usahakanlah selesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang paling diprioritaskan. Ketika 1 pekerjaan tersebut sudah selesai, maka anda bisa mulai beralih untuk mengerjakan pekerjaan yang lainya.

3. Rencanakan tugas-tugas yang akan dilakukan

Rencana atau planning adalah hal yang sangat penting sekali untuk meningkatkan produktivitas anda, karena dengan renacana yang terstruktur dan terencana, maka anda akan mengerjakan dan menyelesaikan segala sesuatu pada waktunya, jadi tidak ada lagi yang namanya kerjaan terbengkalai dan mengerjakan kerjaan yang tidak "dijadwalkan".

Maka semua kerjaan akan selesai sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, dan jangan mencampurkan kerjaan lain dengan kerjaan yang sudah terjadwal pada rencana kerja anda.

4. Kurangi hal-hal yang kurang penting

Seperti yang saya kemukakan tadi, sebagai makhluk sosial tentunya ada berbagai macam hal yang perlu kita lakukan, seperti bergaul dan berinteraksi sosial, akan tetapi kita juga perlu mengetahui batasan-batasan dan waktu untuk hal tersebut.

Jangan sesekali anda mencampuri kedua hal tersebut, selesaikanlah kerjaan yang sudah anda renacanakan terlebih dahulu, baru anda dapat melakukan hal lainnya. Jadi berlakulah secara bijak pada kedua hal tersebut, jadi keduanya memiliki porsi masing-masing dan tidak berbenturan.

5. Buatlah tujuan kerja dan motivasi diri anda

Dalam hidup, tentunya kita memiliki tujuan dan motivasi kehidupan tertentu, sama halnya dengan bekerja, untuk itu tulislah tujuan bekerja dan camkan tujuan pekerjaan tersebut dalam hati, maka hal itu akan memotivasi diri anda untuk lebih produktiv lagi dalam bekerja. Misalnya jabatan atau sesuatu hal yang anda inginkan, maka itu akan memacu anda untuk bekerja lebih giat lagi demi mencapai target tersebut.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan tentang 5 cara meningkatkan tingkat produktivitas dalam kerja, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba tips-tipsnya.

Postingan terkait: