Cara Membuat Yoghurt Mudah dan Praktis

Cara Membuat Yoghurt Mudah dan Praktis
Yoghurt atau yogurt merupakan makanan praktis yang amat sangat digemari oleh masyrakat modern, selain penyajiannya yang sangat mudah, khasiat dari yoghurt ini juga sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita, seperti misalnya diet atau menurunkan berat badan.

Bahan dasar susu murni membuat yoghurt memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti misalnya kalsium dan vitamin D yang baik untuk masa pertumbuhan, seperti misalnya penguatan tulang, menambah tinggi badan, atau bahkan pencegahan osteoporosis bagi orang yang sudah berusia lanjut.

Dengan mengkonsumsi yoghurt sebagai makanan sehari-hari, artinya kita telah mmberikan tubuh kita asupan makanan yang rendah lemak dengan kandungan kalsium yang tinggi, karena yoghurt merupakan salah satu menu sarapan yang rendah kalori dan baik untuk tubuh.

Pada dasarnya, membuat yogurt tak sesusah apa yang kita bayangkan sebelumnya, hanya dengan beberapa step mudah saja kita sudah bisa membuat yoghurt sendiri dirumah, tentu dengan rasa yang tidak kalah enaknnya dengan yang ada di pasaran.

Yoghurt sendiri pada hakikatnya terbentuk dari proses fermentasi bakteri yang bersumber dari susu, jadi susu itu sendiri berfementasi selama waktu tertentu hingga akhirnya menghasilkan yoghurt. Untuk lebih jelasnya, berikut inilah cara membuat yoghurt yang mudah dan praktis:

Bahan-bahan
  • Wadah tertutup
  • Kain
  • Bibit yoghurt
  • Susu murni
  • Panci
Cara Membuat
  1. Masukkan susu murni kedalam panci, aduk rata kira-kira 15-30 menit (jangan sampai mendidih agar protein susu tetap terjaga)
  2. Tambahkan gula untuk menambahkan rasa manisnya (opsional)
  3. Dinginkan susu terlebih dahulu setelah direbus
  4. Angkat susu lalu pindahkan ke tempat atau wadah tertutup
  5. Campurkan dengan bibit yoghurt (rasio susu dan yoghurt kira-kira 1:15) hingga tercampur rata
  6. Setelah tercampur, tutup wadah dengan penutupnya
  7. Balut wadah dengan kain sebagai pelapis terluarnya agar wadah benar-benar gelap
  8. Diamkan selama 22-24 jam (fermentasi susu)
Catatan
  • Susu murni lebih direkomendasikan daripada susu bubuk atau sejenisnya
  • Bibit yoghurt bisa anda dapatkan di supermarket, seperti merk bi*kul, cim*ry, dan lain sebagainya, usahakanlah menggunakan rasa yang plain
  • Wadah gelap adalah salah satu syarat agar terjadinya fermentasi bakteri yang sempurna, sehingga dapat menghasilkan yoghurt yang berkualitas
  • Anda bisa menambahkan rasa-rasa ke dalam adonan susu jika anda ingin yoghurt dengan rasa tertentu

Tips: Sisihkanlah beberapa sendok hasil yoghurt yang sudah jadi, untuk nantinya dijadikan sebagai bibit ketika ingin membuat yoghurt.

Demikian cara mudah dan praktis untuk membuat yoghurt yang enak ala rumahan, apabila ada yang ingin ditanyakan anda boleh mengajukannya lewat kotak komentar dibawah, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Postingan terkait: