Cara Mudah Membuat CV Kreatif Yang Menarik

Curriculum Vitae atau Resume yang juga dikenal sebagai cv merupakan sebuah ringkasan dari daftar riawayat hidup seseorang, biasanya dibutuhkan ketika ingin melamar pekerjaan atau posisi di sebuah perusahaan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini cv memiliki 2 versi yang berbeda, yaitu cv formal dan kreatif. Formal biasanya berbentuk lebih resmi dan menggunakan lebih sedikit kombinasi warna, sedangkan kreatif mengusung kombinasi warna dan tata letak yang menarik, serta ditambahkan dengan animasi-animasi yang dapat mempercantik cv itu sendiri.

Lantas versi manakah yang harus kita buat? yang kreatif atau formal? jawabannya mudah saja. Sebaiknya kita membuat kedua versi curriculum vitae tersebut, karena di zaman yang semakin maju ini dunia menuntut kita untuk mengikuti tren yang semakin kreatif dan terus berinovasi.

Namun, dalam pengaplikasiannya sendiri resume formal dan kreatif memiliki bagiannya masing-masing, tergantung ke perusahaan mana kita ingin melamar kerja. Biasanya cv kreatif ini digunakan ketika mengajukan lamaran ke divisi marketing, agency, PH, Public Relations, dan sejenisnya.

Pada dasarnya, membuat cv kreatif memiliki banyak cara, namun disini saya akan memberikan beberapa referensi situs dan cara alternatif lainnya, untuk langkah-langkahnya sendiri tidak akan saya jelaskan secara mendalam, karena hal tersebut tentunya bergantung kepada kekreatifan rekan-rekan sekalian.

Berikut ini andalangue.com mereferensikan beberapa situs dan cara alternatif untuk membuat kreatif cv.

1. Piktochart.com


Piktochart merupakan situs online untuk membuat info grafik, akan tetapi tidak hanya itu saja karena situs ini memiliki fasilitas lainnya seperti membuat desain slide presentasi, report, banner iklan, hingga selebaran brosur. Saya pribadi menggunakan situs ini untuk membuat cv kreatif saya, karena penggunaanya terbilang cukup mudah dan dapat dimengerti oleh siapapun, tak terkecuali bagi para awam.

2. Canva.com








Dalam membuat kreatif cv, tentu kita akan dimudahkan jika kita mendapatkan desain template-template yang sudah jadi, setelah itu kita tinggal merubah kontennya saja. Canva merupakan salah satu situs yang menyediakan itu semua, disana banyak sekali template untuk kreatif resume yang dapat anda pergunakan secara gratis, tak hanya itu tersedia juga untuk poster, grafik blog, dan lain sebagainya.

3. Photoshop

Tentu software mengedit gambar yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua, karena dengan software ini kita bisa merubah sebuah gambar yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Tak hanya itu, kita juga dapat memanfaatkan software ini untuk membuat curriculum vitae versi kreatif kita, akan tetapi kelemahan dari cara ini sendiri dibutuhkannya pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakannya, namun anda bisa mempelajarinya secara otodidak ;)

4. Template Microsoft Word

Cara yang satu ini termasuk cara instan untuk membuat sebuah curriculum vitae kreatif, karena kita hanya perlu merubah konten dari template itu sendiri menggunakan software microsoft word. Template kreatif resume untuk word ini sendiri dapat kita download gratis dari Internet, anda bisa mengetikkan kata kunci seperti 'download template microsoft word untuk kreatif cv' atau 'download template kreatif cv'.

Saya pribadi cenderung menggunakan poin 1 dan 2 karena penggunaanya lebih praktis dan tersedia lebih banyak desain-desain yang menarik.

Ingin menggunakan yang mana itu semua kembali kepada anda, yang mana yang lebih mudah dan anda bisa menggunakannya. Selamat mencoba.

Postingan terkait: