Pebisnis Sukses Memahami 5 Hal ini Lebih Baik Dari Siapapun

Pebisnis Sukses Memahami 5 Hal ini Lebih Baik Dari Siapapun
Semua bisnis sukses yang kita lihat sekarang ini tentu tidak datang begitu saja, banyak rintangan dan hambatan yang mereka lalui, akan tetapi mereka tidak menyerah dan tetap percaya dengan apa yang mereka buat, sementara pebisnis lainnya berputus asa padahal mereka tak pernah tahu bahwa kesuksesan sudah didepan mereka, mereka hanya perlu sedikit bersabar.

Sebagai seorang businessman, tentu ada berbagai macam perspektif yang kita perlukan untuk menjadi seorang pebisnis sukses.

Mulai dari cara pandang kita terhadap suatu hal, melihat suatu peluang dalam bisnis, menemukan solusi dalam sebuah masalah, hingga membuat keputusan yang tepat, dan berbagai hal lainnya.

Menurut saya pribadi, bagian tersulit ketika membuat suatu bisnis adalah memulainya atau fase development, dimana kita mengembangkan produk mentah menjadi produk matang yang memiliki nilai jual.

Tentu hal tersebut memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, oleh karena itu sebagai pebisnis kita perlu memiliki ketekunan dan kesabaran dalam melewati segala rintangan, karena banyak pebisnis yang merasa "bosan" atau "putus asa" dan meninggalkan bisnis yang sudah dirintisnya begitu saja, karena mereka kurang sabar (ingat segala sesuatunya membutuhkan waktu dan proses).

Inilah 5 hal yang dipahami para pebisnis sukses lebih baik dari pada orang biasa:

1. Keterbatasan

Pebisnis sukses yang membawa bisnis mereka dari titik 0 hingga mencapai titik kesuksesannya betul-betul memahami bahwa keterbatasan atau limitations bukanlah suatu hal yang berarti. Mereka memahami bahwa tidak ada keterbatasan apapun dalam ambisi yang mereka miliki, untuk mendapatkan suatu hal yang mereka inginkan.

Mereka juga memahami bahwa mereka harus tetap melaju ketika orang yang lainnya berputus asa dan memutuskan untuk mundur ketika tidak bisa melewati rintangan yang ada.

Para Millionaires percaya bahwa tidak ada keterbatasan untuk kesuksesan mereka, jika mereka bekerja cukup keras, maka mereka akan mendapatkan kesuksesan mereka. Jika belum, maka mereka harus tetap percaya dan sedikit bersabar, karena disinilah banyak orang "menelantarkan" bisnis yang mereka bangun karena kurang kesabaran.

2. Ketakutan

Untuk menjadi seorang yang sukses, kita harus mengalahkan semua rasa takut. Semua rasa takut tersebut akan menjadi rintangan yang besar untuk mencapai tujuan kita, dan semua para pebisnis yang berhasil sukses "mengalahkan" rasa ketakutan mereka ini.

Mereka dapat keluar dari "zona aman" atau comfort zone yang selama ini mereka tinggali, dan berani mengambil resiko besar yang masih dipertanyakan peluang keberhasilannya, namun disinilah nilai lebih dari para pebisnis sukses dibanding orang yang lainnya, mereka punya nyali dan percaya terhadap diri sendiri.

3. Ketekunan

Preserverance atau ketekunan sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis, terlebih dalam masa awal memulai sebuah bisnis. Karena disinilah masalah yang biasa dijumpai berbagai macam kalangan orang yang terjun didunia bisnis, kurang "tekun."

Untuk meningkatkan level bisnis dari titik 0 ke level yang lebih tinggi tentu kita akan melewati masa-masa sulit dan diharuskan keluar dari "zona nyaman" kita selama ini.

Membuat banyak kesalahan dan kegagalan, namun seiring berjalannya waktu kita akan terus belajar dari pengalaman tersebut yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, dan memperbaikinnya di masa mendatang, karena kita tahu bahwa segalanya butuh waktu dan proses, tidak ada yang instant.

4. Kesabaran

Jika kita tak pernah mengetahui apa arti sebenarnya dari "sabar" maka kita tidak akan pernah mencapai target yang kita inginkan. Tentu semua orang mencintai hal instant, namun sayangnya itu hanya sebuah kebetulan yang terjadi beberapa kali dalam sejuta kesempatan.

Jika kita ingin menjadi pebisnis sukses, ada berbagai macam aspek yang perlu kita perhatikan, dan kesabaran adalah salah satu yang utama. Semua hal yang baik memerlukan waktu, seperti kata pepatah "good things take times".

Tiap bisnis memang memiliki karakteristiknya masing-masing, ada yang sukses dalam jangka waktu yang cenderung pendek ada juga yang cukup lama.

Namun, yang terpenting adalah kita harus tetap sabar dan percaya bahwa kesuksesan akan menghampiri kita, karena kita sudah melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan.

Contohya saja Warren Buffet, seorang pemain saham terkenal dunia yang juga merupakan orang terkaya ke-3 di dunia.

Ia pernah membeli seluruh saham American Express ketika perusahaan tersebut jatuh bangkrut, tentu semua orang bertanya-tanya mengapa orang tersebut membeli sebuah perusahaan bangkrut, dalam pemikiran "kasar" orang kebanyakan.

Ia tetap bersih kukuh tidak akan menjual selembarpun sahamnya ketika American Express dilanda krisis besar-besaran, dan siapa sangka 20-40 tahun mendatang perusahaan ini menjadi salah satu multi national companies yang terbesar di bidang jasa keuangan.

Kita dapat mendapat pelajaran dari pengalaman Warrent Buffet tersebut, bahwa segala sesuatunya membutuhkan waktu dan proses.

5. Tujuan (Goals)

Tidak ada kata yang lebih penting dari tujuan dalam kamus seorang millionaires. Seorang pebisnis sukses akan terus fokus untuk mencapai tujuan atau goals yang dimilikinya sementara yang lainnya bahkan tidak tahu kemana mereka mengarah.

Jadi kesimpulannya, masing-masing bisnis memiliki karakteristiknya masing-masing, namun dimanapun kita berada dan apapun yang kita lakukan, lakukanlah yang terbaik.

Postingan terkait: