Apa itu SEO, SEM, dan SMM?

apa itu seo, sem, smm
Pernahkah anda mendengar istilah SEO, SEM atau bahkan SMM? istilah-istilah tersebut adalah bahasa yang biasa digunakan dalam dunia marketing, khususnya digital marketing.

Bagi anda yang sudah terjun kedalam dunia digital marketing tentu tidak asing lagi dengan ketiga istilah tersebut, namun bagi anda yang masih awam tentu akan terheran-heran dengan istilah ini, oleh karena itu mari kita simak penjelasan selengkapnya.

Digital marketing adalah metode pemasaran yang menggunakan perantara internet, selain dapat menghemat biaya pemasaran, metode ini juga sangat direkomendasikan sekali karena tingkat konversinya yang cukup tinggi, terlebih jika anda menjual produknya secara online.

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

  1. Lebih mudah dalam menjangkau calon pembeli
  2. Biaya yang dilkeluarkan lebih murah
  3. Iklan yang ditampilkan lebih tertarget
  4. Dapat memilih dimana dan ke siapa iklan akan ditampilkan (umur, lokasi, dsb)
  5. Lebih efektif dan efisien karena iklan yang dipasarkan sangat tertarget dan terstruktur
Pada dasarnya, digital marketing memiliki 3 tools atau alat utama untuk mempromosikan sebuah bisnis, diantaranya adalah SEO, SEM, dan SMM.

Lantas apakah kepanjangan dari ke 3 istilah tersebut?

  • SEO adalah kependekan dari search engine optimization
  • SEM adalah singkatan dari search engine marketing
  • SMM adalah kata lain dari social media marketing

Jika anda mempertanyakan alat mana yang paling ampuh dari ketiga cara tersebut, saya akan menjawabnya dengan tergantung.

Mengapa begitu? karena masing-masing tools memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing, jadi anda perlu mengenal lebih jauh masing-masing tools sebelum menggunakannya untuk pemasaran bisnis anda.

Masing-masing metode memiliki karakteristiknya tersendiri, jadi anda perlu menganalisa yang mana yang paling efektif dan efisien jika digunakan untuk memasarkan bisnis.

Untuk lebih lanjutnya, mari kita simak pembahasan lebih mendalam dari ketiga metode tersebut.

1. SEO

Dalam menampilkan halaman suatu hasil pencarian, search engine seperti Google memiliki algoritma yang digunakannya untuk memfilter website-website yang akan muncul dihalaman hasil pencarian atau yang dikenal dengan search engine results page.

Nah, SEO ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengoptimasi sebuah website agar mendapatkan posisi bagus di hasil pencarian google.

Dengan posisi bagus tersebut, otomatis para pengunjung akan berdatangan ke situs anda, yang berarti peluang merk anda diketahui atau bahkan produk anda dibeli semakin besar.

Didalam seo terdapat berbagai macam teknik yang dapat anda aplikasikan. Teknik tersebut terbagi kedalam 2 dunia berbeda, yakni white hat dan black hat.

White hat adalah teknik seo yang dianjurkan dan mengikuti pedoman webmaster dari Google.

Black hat adalah metode yang sangat tidak dianjurkan dalam dunia seo. Meskipun hasilnya tergolong instan, namun cara ini sangat tidak dianjurkan oleh pakar seo, karena situs anda akan segera di ‘tendang’ oleh google dari database pencariannya, hanya tinggal menunggu waktu saja.

2. SEM

SEM atau kependekan dari search engine marketing adalah teknik pemasaran menggunakan perantara mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo!

Lantas apa bedanya dengan SEO?

Perbedaan diantara kedua metode ini adalah budget atau dana yang dibutuhkan untuk menggerakannya.

Dalam kata lain, SEO adalah teknik organik yang digunakan agar situs mendapatkan posisi bagus di SERP Google alias cara gratis, namun bukan berarti anda tak akan mengeluarkan biaya sedikitpun, kebanyakan pasti akan namun bisa diminimalisir, seperti untuk membangun link building berkualitas dan lain sebagainya.

Sedangkan SEM adalah cara ‘instan’ agar situs anda muncul didalam iklan mesin pencari, namun teknik ini memerlukan anggaran biaya yang tak sedikit, anda juga perlu mengetahui seluk beluk SEM agar bisa menghemat dan mengefektifkan biaya iklan.

SEM yang paling dikenal saat ini adalah Google Adwords.

Adwords adalah sebuah layanan dari Google yang memfasilitasi para pebisnis atau pengusaha agar dapat menampilkan produk/jasa-nya di halaman pencarian Google.

Tentu iklan yang ditampilkannya pun tidak sembarangan, iklan tersebut harus berkaitan dengan kata kunci yang dicari orang di Google, agar relevan dan efektif.

3. SMM

Metode ketiga dari Digital Marketing adalah social media marketing atau yang kita sebut sebagai SMM.

Sesuai dengan namanya, SMM adalah teknik pemasaran menggunakan perantara media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi secara ‘maya’.

Didalam metode ini kita memiliki banyak sekali varian pilihan untuk memasarkan produk, seperti misalnya Facebook Ads, Instagram Ads, Line@ Official Account, dan lain sebagainya.

Metode yang akan kita gunakan bergantung kepada target konsumen yang kita inginkan, apabila range umur konsumen kita adalah anak muda maka kita juga harus menggunakan sosial media yang banyak digandrungi anak muda.

Jadi, sebelum melakukan pemasaran ada baiknya agar kita melakukan research terlebih dahulu tentang target audience kita, agar metodenya tepat dan efektif.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, tidak ada yang lebih bagus atau jelek dari ketiga metode ini, hanya saja keefektifitas dan keefisienannya yang berbeda tergantung produk apa yang anda jual.

Apabila anda memiliki waktu dan budget lebih, maka anda bisa memaksimalkan pemasaran anda dengan menggunakan ketiganya.

Akan tetapi apabila anda memiliki resource terbatas maka anda harus bisa memutuskan untuk memilih salah satu metode agar lebih efektif dan efisien.

Postingan terkait: