Cara Menjual Produk Secara Online di Internet

Bagi beberapa pemain lama di dunia bisnis mungkin cara konvensional masih menjadi cara terampuh sebagai teknik pemasaran, namun apakah dapat bertahan kedepannya? itulah yang menjadi pertanyaan kita di era yang semakin meng-global ini, persaingan yang ketat, terlebih lagi akan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean beberapa waktu kedepan.

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia menunjukan tren positif seiring dengan meningkatnya konsumen dan produsen beberapa tahun belakangan ini, namun beberapa produsen konvensional mulai tergerus dengan hadirnya pesaing asing yang hadir secara gerilya.

Untuk dapat bersaing dan tetap berkompeten mereka perlu melakukan inovasi dan mengikuti tren perkembangan zaman, mungkin beberapa dari mereka mengatakan bahwa sudah terbiasa dengan cara konvensional dan terbukti ampuh.

Tidak ada yang salah dari jawaban tersebut, namun fakta mengatakan bahwa revolusi teknologi telah merubah segala aspek ekonomi, mulai dari bagaimana cara produksi, menambahkan nilai jual, menjual, hingga barang tersebut dibeli dan sampai ditangan kustomer.

Beberapa pakar menyatakan bahwa para pebisnis yang tidak mengikuti tren perkembangan zaman mungkin bisa bertahan, namun akan sangat sulit untuk berkembang, itulah mengapa kita harus fleksibel sebagai seorang entrepreneur dalam menganalisa dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Pengaruh dunia teknologi terhadap ekonomi telah membawa banyak perubahan, salah satunya dari sisi pemasaran, hingga kini hadir teknik pemasaran digital marketing yang mencakup banyak sektor seperti seo, sem, dan smm.

Berikut inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk secara online:

1. Marketplace

promosi produk online


Marketplace adalah wadah berjualan online atau dalam kata lain sering disebut sebagai "pasar digital", jika diibaratkan sebagai pasar tradisional, marketplace itu sendiri adalah pasar dan kita adalah pembelinya. Jadi sama saja dengan pasar tradisional, namun kelebihan dan kemudahan dalam berbelanja yang menjadi pembedanya.

Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar beberapa nama besar seperti olxtokopedia, hingga bukalapak, 3 situs tersebut adalah contoh dari marketplace di Indonesia.

Dalam kamus ekonomi, marketplace in dikategorikan sebagai market yang cukup kompetitif, jadi kita tidak bisa serta merta menentukan harga seperti kondisi monopoli, kita harus memasang harga dan kualitas yang kompetitif di marketplace seperti ini.

2. Media Sosial










Siapa yang tak mengenal media sosial? berkatnya kini komunikasi menjadi jauh lebih mudah dan meyenangkan, hanya dengan beberapa sentuhan saja kita sudah bisa terhubung dengan orang-orang yang kita sayangi walaupun memiliki jarak yang jauh.

Di dunia marketing, media sosial juga memiliki andil yang cukup penting. Seperti yang kita ketahui saat ini semua orang bermain media sosial, jadi bisa terbayang bukan betapa ini merupakan kesempatan emas bagi seorang pengusaha untuk mempromosikan produknya.

Beberapa sosial media yang dapat dicoba adalah Line@, Facebook ads, Instagram ads, hingga whatsapp group.

Masing-masing sosial media memiliki segementasi marketnya masing-masing, misalnya line@ dan instagram, kedua media sosial itu cenderung digunakan oleh usia muda dan produktif.

Sedangkan whatsapp group dan facebook rata-rata digunakan oleh usia produktif dan usia lanjut, jadi sebisa mungkin sesuaikanlah dengan segmentasi market yang anda targetkan.


3. Website / Blog











Jika anda ingin terlihat lebih professional didepan kustomer, maka metode yang ketiga ini wajib anda coba.

Dengan membangun sebuah website atau blog yang "professional", maka tingkat kepercayaan konsumen akan bisnis anda akan semakin bertambah.

Berbeda dengan toko online yang kita miliki di marketplace, website ini bersifat lebih privat dan mengesankan profesionalitas.

Di website kita sendiri nantinya akan terdapat landing page atau order page yang akan "membimbing" para kustomer untuk mengetahui bisnis anda lebih jauh dan pada akhirnya melakukan pembelian.

Namun, untuk menempuh cara yang terakhir ini kita perlu merogoh kocek lebih dalam, seperti misalnya biaya untuk pengembangan situs, hingga membeli hosting dan domain website.

Tetapi dengan website, authority dari bisnis anda pun juga akan semakin meningkat, karena anda menggunakan layanan berbayar sehingga tingkat kredibilitas bisnis andapun akan semakin dipertimbangkan dimata calon pembeli.

Postingan terkait: