Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Puasa

Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar di Bulan PuasaBulan puasa adalah bulan yang sakral sekaligus penuh berkah bagi kita semua, khususnya umat muslim. Di bulan ramadhan ini, kita ditugaskan untuk menahan hawa nafsu dan tidak makan minum selama 30 hari lamanya. Selain kita mendapatkan banyak pahala dari Allah SWT, ternyata banyak juga lho khasiat dari puasa ini.

Khasiat puasa? yap, disamping kedengaranya membosankan, ternyata puasa juga memiliki berbagai macam khasiat loh guys, mulai dari menahan emosi, hingga secara medis dan biologis, seperti mengistirahatkan organ-organ pencernaan dan juga berfungsi sebagai diet.

Nah, tentunya kita seringkali mengeluhkan masalah kebugaran di bulan puasa. Ternyata sobat, tidak makan dan minum bukanlah kendala bagi kita untuk tampil sehat dan bugar lho, mau tahu apa rahasianya? tenang aja, akan saya bagikan tips-tips khususnya dibawah ini, hehe.

Sebagian dari kita berpikir bahwa makan dan minum tentunya adalah sumber energi kita bukan? yap memang betul, akan tetapi tentunya di bulan puasa ini kita harus merubah pola pikir itu bukan? tentunya.

Minum Air Putih
Tips ini saya ambil dari iklan salah satu air mineral di Indonesia, yap, memang ternyata baik sekali mengkonsumsi air mineral, namun karena sekarang bulan puasa tentu kita harus merubah polanya bukan. Ingat saja 242, yakni 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas pada malam hari, dan 2 gelas terakhir pada saat sahur. Dengan cara ini kita sudah mencukupi kebutuhan tubuh akan mineral.

Berolahraga
Walaupun sekarang ini bulan puasa, ternyata bukanlah halangan bagi kita untuk tidak melakukan kegiatan berolahraga yang menyehatkan jiwa dan raga, agar tidak terlalu membebani kita yang sedang berpuasa, sebaiknya berolahraga seperti jogging dan workout lah yang dianjurkan, dan dilakukan pada saat sebelum imsak dan sebelum berbuka, agar kita tidak kekurangan cairan sesudah beraktivitas.

Istirahat Cukup

Istirahat adalah salah satu sarana terbesar untuk mengembalikan energi kita yang hilang setelah seharian beraktivitas, seperti yang kita ketahuii minimal untuk istirahat adalah 6 jam perhari, akan tetapi ada baiknya apabila lebih dari itu, oleh karena itu saya anjurkan untuk tidur lebih dini di malam hari untuk nantinya bangun sahur, jadi setelah sahur kita tidak perlu tidur lagi untuk melakukan kegiatan lainya, seperti solat dan siap-siap untuk memulai aktivitas.

Demikian informasi terbaru tentang Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Puasa, simak juga artikel menarik lainya seputar kesehatan tentang Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering dan Kusam, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Postingan terkait: