5 Alasan Karyawan Mengundurkan Diri / Resign

5 Alasan Karyawan Mengundurkan Diri / ResignPada umumnya, pengunduran diri atau resign dari sebuah perusahaan adalah hal yang wajar dan manusiawi bagi seorang karyawan, tentunya karyawan itu sendiri memiliki alasan tertentu terhadap keputusan yang dibuatnya, entah itu dari faktor internal maupun eksternal pekerjaan.

Banyak sekali alasan mendasar dan melatarbelakangi karyawan untuk mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, seperti faktor keluarga, pekerjaan lain, dan kurang puas atau tidak cocok dengan kerjaan yang dijalaninya sekarang ini.

Bagi karyawan yang ingin melakukan pengunduran diri atau resign, tentunya harus ada berbagai pertimbangan, seperti misalnya tabungan untuk membiayai kehidupan dan jaminan bekerja ditempat lain, karena akan sangat riskan sekali apabila anda resign dari perusahaan tanpa jaminan yang jelas.

Berikut inilah lima alasan karyawan mengambil keputusan mengundurkan diri / resign:

1. Pindah pekerjaan

Pindah pekerjaan merupakan alasan yang paling banyak mendasari karyawan untuk resign dari perusahaan, dan banyak faktor dari lingkungan perusahaan baru tempat bekerjanya kelak yang mempengaruhi kepindahannya.
  • Gaji atau jabatan yang ditawarkan lebih besar
  • Ditempatkan di divisi yang sesuai dengan passion-nya
  • Lingkungan tempat bekerja yang baru lebih dekat dirumah
  • Cocok dengan perusahaan dan manajemenya
  • Memiliki kerabat dekat

2. Menjadi wiraswasta / pengusaha

Menjadi pengusaha atau pebisnis merupakan salah satu alasan yang dapat membuat karyawan mengundurkan diri, biasanya di dunia karyawan istilah ini kita kenal dengan "bosan jadi pegawai", jadi mereka ingin mencoba dunia baru, yakni wiraswasta, dan mencoba move on serta meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

3. Tidak cocok dengan pekerjaanya 

Pada dasarnya, jika bergerak pada bidang yang sama, kerjaan disemua perusahaan tidak jauh berbeda, namun terkadang ada beberapa internal di kerjaan itu sendiri yang membuat karyawan tidak betah dan bisa menghambat tingkat produktivitasnya dalam kerja, berikut adalah beberapa faktornya:
  • Gaji tidak kunjung naik seiring dengan kenaikan biaya hidup
  • Tidak cocok dengan manajemen perusahaan
  • Memiliki masalah dengan rekan kerja, anak buah, atau atasan
  • Tidak kunjung naik jabatan dalam waktu yang lama

4. Faktor Keluarga

Faktor keluarga juga bisa mempengaruhi karyawan mundur dari jabatanya sebagai pegawai, misalnya seperti keluarganya merasa tidak cocok dengan kerjaanya, ingin pindah tempat tinggal, transmigrasi, dan lain sebagainya, atau dorongan untuk lebih dekat kepada keluarga dengan meninggalkan dunia karyawan dan memulai usaha atau bisnis seperti yang dikemukakan pada poin dua tadi.

5. Faktor Kesehatan 

Jika seorang karyawan sudah pada umur keemasan atau memiliki riwayat tertentu tentang kesehatanya, itu dapat membuat karyawan mempertimbangkan untuk mengundurkan diri, pasalnya mereka akan jauh lebih mementingkan kesehatan mereka ketimbang pekerjaan, karena kesehatan tidak dapat dibeli dengan uang. Mereka akan mempertimbangkan untuk lebih melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan dan berpindah kepada kerjaan yang lebih cocok untuk mereka serta tidak terlalu membebankan.

Demikian informasi seputar beberapa faktor atau alasan yang dapat mempengaruhi karyawan atau pegawai untuk mengundurkan diri / resign dari perusahaan tempatnya bekerja, semoga bermanfaat.

Postingan terkait: