Peluang Bisnis/Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Peluang Bisnis/Usaha Rumahan Yang MenguntungkanBisnis atau usaha memang merupakan sesuatu yang menggiurkan bagi sebagian orang, khususnya mereka yang sudah bosan dengan pekerjaannya sebagai pegawai, atau mungkin juga ibu rumah tangga yang menginginkan pendapatan tambahan.

Selain iseng-iseng dan bisa mengisi waktu luang kita, bisnis sampingan atau rumahan ini juga sangat berpotensial sekali untuk bisa menghasilkan pendapatan tambahan, kan lumayan kalau iseng-iseng malah jadi keterusan, hehe.

Tentu kita sebagai awam di dunia usaha dan bisnis merasa bingung dan segan untuk terjun di dunia bisnis, karena kita belum serta merta mengetahui seluk beluknya.

Akan tetapi, menurut saya pribadi bisnis itu tidak terlalu membutuhkan teori, meskipun ada beberapa hal yang perlu kita garis bawahi.

Jika anda merupakan seorang yang memiliki jiwa bisnis dan suka berdagang, maka anda sudah mempunyai bekal untuk memulai usaha.

Kita akan mengetahui seluk beluk dunia bisnis ketika kita sudah terjun kedalamnya nanti, kita akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, karena guru terbaik adalah pengalaman.

Jadi jangan takut untuk mencoba terjun di dunia bisnis, dan satu yang perlu anda ingat adalah jangan mudah berganti dan terus konsisten terhadap bisnis yang anda geluti.

Peluang Usaha Rumahan

Kembali kepada topik utama pembahasan kita pada hari ini, yaitu tentang peluang bisnis untuk skala rumahan atau yang biasa kita sebut dengan UKM atau usaha kecil menengah.

Sebenarnya masih banyak sekali peluang bisnis yang masih potensial untuk kita geluti, tentu kita harus cerdik dan cermat dalam menggali semua potensial itu.

Kita harus pintar-pintar dalam menggali permintaan pasar dan mengerti kebutuhan konsumen, jadi kita bisa memberikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Dimana ada kustomer atau peminat, maka disanalah kita berpeluang untuk membuat atau mendirikan bisnis kita, oleh karena itulah sangat penting sekali bagi kita sebagai pebisnis untuk jelih dalam melihat permintaan pasar.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang cocok untuk skala rumahan dan tentunya menjanjikan.

1. Kuliner

Usaha yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, karena dimanapun pasti ada yang namanya tempat-tempat kuliner yang menghidangkan segala macam masakan.

Mengapa bisnis kuliner ini sebagai suatu usaha yang menjanjikan? hal yang paling mendasar adalah karena ini merupakan kebutuhan pokok manusia yang terdiri dari sandang, pangan, dan papan.

Kedua, jika dilihat dari segi modal, usaha kuliner ini bersifat opsional, karena kita bisa memilih untuk mendirikan usaha pesan antar yang tidak memerlukan tempat dan lain sebagainya, seperti nasi box dan catering, bahkan kita bisa terlebih dahulu mendapatkan DP nya sebagai bahan untuk modal membuat masakan nantinya.

Untuk mendirikan usaha kuliner ini ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan:
  • Jika anda ingin membuka kios, pilihlah tempat yang strategis dan sesuaikan jenis makanan dengan selera atau khas masyarakat setempat (misalnya di daerah orang tiongkok, bukalah chinese food)
  • Berikan pelayanan yang bermutu, dalam artian melayani para pembeli dengan sepenuh hati, maka dari situlah para pembeli akan merasa nyaman berbelanja kepada kita
  • Buatlah standar mutu untuk setiap makanan yang kita sajikan
  • Ketahuilah apa yang diinginkan oleh pasar dan konsumen
  • Kreasikan dan buatlah sesuatu yang baru yang belum pernah dijual oleh para usahawan kuliner lainnya

2. Fashion / Busana

Selain kuliner, usaha fashion atau busana ini juga cukup menjanjikan, karena mengingat ini adalah salah satu dari ketiga bahan pokok manusia, yakni sandang.

Memang saat ini sudah banyak sekali pelaku bisnis yang bergerak di bidang ini, akan tetapi jika ada kemauan pasti ada jalannya untuk menuju sukses.

Untuk menghadapi persaingan yang ketat ini, tentu kita harus menciptakan sesuatu yang baru dan belum pernah ada sebelumnya, kita juga harus jelih dalam melihat permintaan pasar.

Jika anda ingin mencoba peruntungan di bisnis fashion atau busana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan::
  • Kualitas, mungkin banyak busana yang serupa namun kualitasnya lah yang menjadi pembeda
  • Untuk pertama-tama jangan memikirkan tentang keuntungan terlebih dahulu, fokuslah membuat busana dan brand yang bagus
  • Layani konsumen dengan sepenuh hati, terkadang faktor ini juga mendukung mengapa konsumen loyal kepada kita
  • Olah TKP terlebih dahulu, carilah dasar bahan yang bagus dan juga disukai oleh orang-orang

3. Bisnis Online

Mungkin yang terakhir ini adalah alternatif bagi para pebisnis rumah tangga, karena bisnis online ini bersifat mobile yang artinya bisa kita lakukan dan kelola dimana saja, tidak mengenal waktu dan tempat bekerjanya.

Bisnis online memiliki banyak cabang atau bagian-bagian, contohnya adalah toko online, channel di youtube, monetasi blog dengan memasang iklan, affilasi, berjualan online di marketplace, dan lain sebagainya.

Usaha ini juga dapat membantu kita untuk memasarkan produk kita di bisnis offline juga nantinya, jadi secara keseluruhan bisnis online ini cukup menjanjikan, karena seperti yang kita ketahui sekarang zaman sudah serba canggih dan modern.

Postingan terkait: